Perawatan Forklift Diesel

Perawatan Forklift Diesel

forklift Perawatan Forklift Diesel

perawatan forklift diesel

Perawatan forklift yang memakai mesin diesel, berdasarkan pandangan orang dianggap tidak gampang juga mahal, olehkarena itulah banyak orang yang cenderung untuk memilih forklift yang bermesin bensin agar tidak terlalu merepotkan. kenyataannya bahwa tidaklah  demikian, untuk mereka yang mengerti tentang mesin, malah akan cenderung untuk memilih forklift bermesin diesel.

Alasannya, karena bila dipergunakan untuk pemakaian lama, mesin diesel akan semakin bertenaga dan irit, karena mesin diesel cenderung semakin bagus digunakan ketika mesinnya panas, selain itu, forklift bermesin diesel juga lebih tahan saat menerjang banjir. Kelebihan dan karakter mesin diesel tentunya berbeda dengan mesin bensin. Karena bila terlalu panas, mesin bensin biasanya akan mogok karena ada semacam pengembunan di sistem karburasi sehingga dapat mengganggu pembakaran.

Untuk itu sebenarnya ada beberapa kiat mudah yang harus dilakukan untuk menjaga agar forklift bermesin diesel tetap  aman ketika digunakan. Berikut tips perawatan forklift yang harus dilakukan pemilik forklift bermesin diesel :

1. Pemakai forklift jangan terburu menjalankan mesin diesel sebelum dilakukan pemanasan. Mesin diesel harus dipanasi sedikitnya lima menit.
2. Tangki jangan sampai kehabisan solar agar tidak masuk angin. Bila hal itu terjadi maka pemakai harus memompa injection pump karena sifat solar tidak menguap. Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Namun beberapa forklift baru bermesin diesel sudah dapat terhindar dari masalah ini, sehingga tidak bermasalah ketika tangki BBM kosong hingga lebih dari 1/3 kapasitasnya.
3. Filter udara harus rajin dibersihkan minimal setiap bulan. Sebab debu adalah musuh utama dari mesin diesel. Debu yang masuk ke ruang mesin mempercepat keausan pada ruang bakar karena debu akan menjadi bahan pengasah antara selinder dengan ring piston.
4. Selain filter udara, filter solar juga harus diperhatikan kebersihannya. Bila rusak harus segera diganti. Jangan ditunda-tunda. Ibarat selokan harus terbebas dari sampah supaya tidak terjadi penyumbatan.
5. Perawatan lainnya adalah dengan penggantian minyak pelumas (oli) setiap minimal 2-3 bulan pemakaian dan mengganti filternya, maka kondisi mesin diesel akan tetap stabil, kokoh dan nyaman.
6. Disamping setiap pagi harus membuang air dari saringan solar maka scara rutin dianjurkan membersihkan saringan solar dan diganti setelah menempuh beberapa pemakaian jam
7. Perbaikan injection pump harus dilakukan di bengkel khusus mesin diesel. Dan bila terjadi kerusakan parah pada injection pump, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel, tidak melalui mekanik sembarangan.
8. Terakhir, Baterey (Accu), kabel- kabel. Meski mesin diesel bisa dihidupkan tanpa bagian ini, yakni dengan cara ditarik forklift lain namun hal itu tentu tidak dilakukan setiap hari. Akan terasa aneh, jika setiap hari untuk menyalakan mesinnya, forklift harus ditarik terlebih dahulu.

 


bookmark Perawatan Forklift Diesel

2nd Tag

kapasitas oli mesin forklift,kapasitas oli forklift,cara ganti oli forklift 7 ton toyota,filter solar forklift 5 ton,cara mengganti oli mobil forklift hyundai TCM,cara mengganti oli forklift,perawatan forklift tcm,oli mesin forklif,kapasitas tangki forklift,oli untuk transmisi forklif,perawatan forklift toyota,isi tangki forklip toyota,cara memperbaiki forklif komatsu,bagian mesin forklift toyota 3 ton,Cara mengganti oli forklift TCM,tentang mesin forklift,cara merawat m3sin forklift 30 sas,cara pemeliharaan forklift,cara perawatan forklif,cara service forklift toyota 2 ton,cara membersihkan debu di mesin forklit mitsubishi,cara melepas mesin bensin forklift,berapa liter olie mesin forklif toyota 3 ton,berapa liter saat ganti oli forklift,berapa oli mesin toyota forjlift 2j,buku manual mesin forklip,buku service manual forklif 3 ton,berapa liter isi solar forklift 3ton,berapa liter isi oli fourklip,cara ganti oli mesin forklift

Leave a Reply

Penelusuran Terkaitclose